VERIFIKASI DAN VALIDASI WARGA TERDATA DTKS DI DESA SUMBER MAKMUR

Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur melalui Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial melakukan kunjungan  kepada warga Desa Sumber Makmur Kecamatan Telawang dalam rangka verifikasi dan validasi data bagi warga yang kurang mampu, terkait data usulan mandiri yang di laporkan warga atau pun memasukkan data warga kurang mampu sebagai warga penerima bansos yang telah terdata di DTKS ( Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ) dalam kegiatan kunjungan ini juga mengikutsertakan perangkat Desa Sumber Makmur.

DTKS ini disandingkan dengan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Selain itu, juga dilakukan melalui pemadanan data kependudukan, data kepemilikan aset, musyawarah kelurahan, serta verifikasi lapangan oleh para petugas pendata dan pendamping sosial yang berkedudukan di kelurahan.

Dinas Sosial melakukan pemutakhiran DTKS yang terdaftar DTKS, yaitu perbaikan pada DTKS. Selanjutnya, dari hasil perbaikan DTKS tersebut, dilakukan perbaikan data penerima bantuan sosial secara simultan terhadap bantuan sosial yang bersumber pada APBN, seperti PKH, BPNT dan penerima PBI JKN.