PENYERAHAN BANTUAN SOSIAL KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE)

Sampit – Jum’at, 12 Januari 2024 Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur melalui Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin menyerahkan bantuan soial Kelom[pok Usaha Bersama (KUBE) kepada warga Desa Rawa Sari Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur.

Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur menyalurkan bantuan modal usaha berupa hewan ternak kambing kepada 1 kelopok masyarakat yang terdiri dari sepuluh keluarga penerima manfaat (KPM).

Pemberian bantuan ini bertujuan agar keluarga penerima manfaat (KPM) mampu bekerja dan menjalankan usaha bersama secara berkelanjutan.

“siang ini, kami menyerahkan bantuan modal KUBE di Desa Rawa Sari Kecamatan Pulau Hanaut, berupa hewan ternak yaitu kambing untuk modal usaha,” kata Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin (Drs. Yunus).

Ia mengatakan, KUBE yang sudah dibentuk tersebut, diharapkan bisa menjadi contoh desa yang ada Kabupaten Kotawaringin Timur, hal ini merupakan salah satu cara penanganan kemiskinan ekstrem.

Kemiskinan ekstrem yang dimaksud adalah penerima bantuan sosial (bansos) dengan kondisi ekonominya masih di bawah. dengan harapan mampu mengalami peningkatan dalam pendapatan. Tidak hanya menerima bansos melainkan dengan cara berwirausaha melalui KUBE tersebut.

Modal usaha yang diserahkan merupakan pilihan kelompok tersebut berdasarkan pembahasan mereka dengan pendamping sosial kelompoknya.