DINSOS KOTIM FASILITASI PEMULANGAN ODGJ KE KELUARGA

DINSOS KOTIM FASILITASI PEMULANGAN ODGJ KE KELUARGA

Sampit- Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur melalu bidang Rehabilitasi Sosial telah memfasilitasi pemulangan Orang Dengan Ganggua Jiwa (ODGJ), Jum’at (09/06/2023).

Pekerja Sosial Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur mengungkapkan ODGJ perempuan  berinisial “Y” tersebut telah dipulangkan ke keluarganya setelah mendapat perawatan selama dua belas hari di RSUD Dr. Murjani Sampit yaitu Ruang Teratai khusus penanganan pasien yang mengalami gangguan jiwa.

Awalnya ODGJ tersebut  meresahkan warga di  sekitar daerah Mentawa Baru Ketapang karena sering menggagu dan tidak memakai busana.  Setelah dilakukan penelusuran ternyata ODGJ tersebut berasal dari Ketapang dan setelah dilakukan assesmen keluarganya pun setuju supaya anaknya mendapatkan perawatan di RSUD Dr. Murjani Sampit.

Tepatnya  pada hari Rabu 31 Mei 2023 Dinas Sosial dan Satpol PP berhasil mengamankan ODGJ tersebut meski mendapat sedikit perlawanan di Pasar Sejumput untuk segera di fasilitasi perawatannya di RSUD Dr. Murjani Sampit meski mendapat sedikit perlawan dari “MS.Y” saat akan di bawa ke Rumah Sakit.

Pihak Dinas Sosiala Kabupaten Kotawaringin Timur berharap setelah dipulangkan kepada keluarganya, keadaan klien terus membaik dengan dukungan dan perhatian penuh dari keluarga agar kejiwaannya tetap stabil.