SILATURAHMI DAN PERTEMUAN RUTIN ANGGOTA TAGANA KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR TAHUN 2023

Sampit- 25 Mei 2023 Bertempat di Aula Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur diselenggarakan rapat rutin dan silaturahmi anggota Taruna Siaga Bencana (TAGANA).

Kegiatan terssebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur H. Wiyono, SE dan didampingi oleh Plh. Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Agustiawany, S.Pd., M.Hum yang dihadiri juga oleh Kepala Bidang Pemberdayaan dan Fakir Miskin Mahmudi, SP serta pekerja sosial.

Dalam sambutannya kepala Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur menyampaikan kegiatan silaturahmi ini dilakukan dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar anggota dan juga menyampaikan bahwa Tagana menjadi salah satu bagian dalam pilar Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur dimana memiliki peran yang sangat penting di bidang penanggulangan bencana alam dan sosial yang berbasiskan masyarakat baik pada saat pra bencana, saat tanggap darurat maupun saat pasca bencana  serta tugas-tugas penanganan permasalahn sosial lainnya.

Dalam sambutannya Plh. Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial menekankan kepada anggota Tagana untuk terus menjalin kerjasama yang baik serta Tagana kedepan harus lebih professional dan sigap dalam menangani kebencanaan.

Tagana  adalah relawan sosial atau Tenaga Kesejahteraan Sosial yang berasal dari masyarakat dan memiliki kepedulian serta aktif dalam penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial.

Anggota tagana selalu melakukan upaya sigap dan cepat dalam menangani permasalahan penanggulangan bencana, dengan kesiapsiagaan diri diharapkan pada akhirnya mampu untuk mengantisipasi ancaman bencana danmeminimalkan korban jiwa, korban luka, maupun kerusakan infrastruktur dan juga siap dan sigap dalam membantu korban bencana seperti dengan penyediaan tenda darurat, perahu karet, membuka dapur umum serta pembagian semabako dan logistik lainnnya.

Dalam kegiatan silaturahmi dan rapat rutin  ini juga dibahas evaluasi program/kegiatan yang telah berjalan dan perencanaan selanjutnya dalam menangani bencana yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur.