PELATIHAN KETERAMPILAN PPKS DI PSBR KALTENG, DINSOS BERANGKATKAN 4 ORANG REMAJA KOTIM

Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur melalui bidang Rehabilitasi Sosial memberangkatkan dan mendampingi empat orang pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) yaitu anak putus sekolah yang akan diberikan pelatihan dan keterampilan  di Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Provinsi Kalimantan Tengah Palangka Raya pada Senin (22/05/2023).

“Pendampingan tersebut dimaksud untuk penyerahan langsung empat orang remaja kepada tim PSBR Kalteng untuk mengikuti kegiatan pelatihan keterampilan khususnya bagi anak-anak yang putus sekolah. Dimana empat peserta tersebut yang pendidikannya hanya sampai tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) saja,” ungkap Siti Hamisah (Tim Rehabilitasi Sosial).

Berikut daftar empat peserta yang mengikuti pelatihan :

  1. M. Rizal (Otomatif)
  2. M. Rizky Yasir (Otomotif)
  3. Aditya (Otomotif)
  4. Ramli (Otomotif)

Empat peserta tersebut sudah mengikuti seleksi peserta PSBR yang diseleksi langsung oleh tim PSBR Kalteng pada saat kunjungan mereka ke Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur pada bulan Februari. Mereka yang umumnya anak laki-laki tersebut mengikuti pelatihan otomotif selama 5 Bulan yang mana akan menerima pelajaran teori dan praktek perbaikan sepeda motor secara lengkap, mulai pemahaman mesin, suspensi, rem hingga rangka.

Program pelatihan keterampilan yang dilaksanakan PSBR Provinsi Kalteng ini khususnya bagi anak  putus sekolah dari berbagai daerah di Kalteng yang merupakan upaya melatih kemandirian dalam berwirausaha. Sehingga nantinya mereka terlatih mandiri dan bisa berwirausaha dari ilmu yang didapat dari kegiatan tersebut.