DINSOS KOTIM SALURKAN BANTUAN ATENSI KEMENSOS RI

Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur melalui Bidang Rehabilitasi Sosial menyelenggarakan kegiatan penyerahan bantuan ATENSI Kementerian Sosial Sentra Terpadu Prof. Dr. Soeharso Surakarta pada tanggal 14 Mei 2024

Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) yang diberikan sebanyak 162 paket sembako dan sandang untuk Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) Kluster Penyandang Disabilitas, Lansia dan korban bencana serta kedaruratan di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Bantuan tersebut diberikan secara simbolis oleh Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Irawati, S.Pd) bersama Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur (Hawianan, S.Sos) beserta Kepala Bidang Rehabilitasi (Mahmudi, S.P) yang dihadiri juga oleh pihak Sentra Terpadu Prof. Dr. Soeharso Surakarta, Pekerja Sosial Bidang Rehabilitasi Sosial serta perangkat kelurahan/desa setempat.

PPKS yang memperoleh bantuan ATENSI ini telah melalui proses verifikasi lapangan, dimana para pemangku di tingkat Desa/Kelurahan telah diberikaninformasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur untuk mengusulkan PPKS sesuai dengan kriteria dan ketentuan program ATENSI. Salah satu kriterianya adalah telah masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Hal ini juga untuk memastikan para penerima tersebut memang layak dan memenuhi ketentuan untuk memperoleh program ATENSI sesuai kebutuhannya.

Adapun bantuan sosial yang disalurkan yakni berupa kebutuhan dasar permakanan seperti beras, minyak goreng, susu, makanan ringan, perlengkapan kebutuhan mandi, sarung, selimut dan lain lain.

ATENSI merupakan layanan rehabilitasi sosial berupa dukungan pemenuhan hidup layak, perawatan sosial dan atau pengasuhan serta dukungan keluarga yang bertujuan untuk pemenuhan aspek layanan dasar. Kementerian Sosial RI melalui Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial peduli untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk penyandang disabilitas dan lansia.