PENDAMPINGAN DAN PENGANTARAN PPKS PESERTA PSBR KE PANTI SOSIAL BINA REMAJA

Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur melalui bidang Rehabilitasi Sosial mendampingi dan mengantar tujuh orang pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) yaitu anak putus sekolah yang akan diberikan pelatihan dan keterampilan  di Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) “Majar Tabela” Provinsi Kalimantan Tengah Palangka Raya pada Senin (02/09/2024).

Pendampingan dan pengantaran peserta PSBR kali ini merupakan peserta PSBR Angkatan II Tahun Anggaran 2024. kegiatan ini dimaksud untuk penyerahan langsung tujuh orang remaja kepada tim PSBR Kalteng untuk mengikuti kegiatan pelatihan keterampilan khususnya bagi anak-anak yang putus sekolah.

Adapun pelatihan yang diikuti oleh tujuh peserta PSBR tersebut ialah otomotif yang diikuti oleh empat peserta remaja laki-laki dan menjahit/tata busana yang dikuti oleh tiga peserta remaja perempuan.

Tujuh peserta tersebut sudah mengikuti seleksi peserta PSBR yang diseleksi langsung oleh tim PSBR Kalteng pada saat kunjungan mereka ke Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur pada bulan Agutus. Peserta PSBR mengikuti pelatihan otomotif dan menjahit selama 5 Bulan yang mana akan menerima pelajaran teori dan praktek perbaikan sepeda motor secara lengkap, mulai pemahaman mesin, suspensi, rem hingga rangka dan tata busana.

Program pelatihan keterampilan yang dilaksanakan PSBR Provinsi Kalteng ini khususnya bagi anak  putus sekolah dari berbagai daerah di Kalteng yang merupakan upaya melatih kemandirian dalam berwirausaha. Sehingga nantinya mereka terlatih mandiri dan bisa berwirausaha dari ilmu yang didapat dari kegiatan tersebut.